Pedukuhan XIII Sidorejo Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo

Senin, 04 Juli 2016

Pembagian Hadiah Lomba TPA

~Juara atau tidak tak jadi soal, yang utama semua senang~

Pada hari minggu tanggal 3 Juli 2016 kemarin menjadi hari terakhir sekaligus penutup kegiatan TPA di bulan Ramadhan tahun ini. Tak terasa hampir sebulan berbagai kegiatan sudah terlaksana dengan lancar. Mulai dari kegiatan rutin harian, mingguan, sampai nanti kegiatan di malam puncak. Berkat dukungan segenap masyarakat dan kerjasama yang baik antara Karang Taruna, Risma, dan Mahasiswa KKN UGM menjadikan kunci keberhasilan kami menjalankan program di bulan Ramadhan.

Seperti tradisi tahun – tahun sebelumnya, agenda penutup kegiatan TPA kami isi dengan pembagian hadiah, Doorprize, dan kado silang. antusiasme anak – anak TPA begitu tinggi karena hadiah dari Risma & kado silang menjadi barang istimewa yang mereka damba – dambakan.

Karena rekan - rekan KKN UGM akan memberikan sosialisasi mengenai penyu terlebih dahulu, acara kami mulai lebih awal, sekitar pukul 15.30 WIB. Seperti biasa rangkaian acara dimulai dengan pembukaan yang diisi dengan doa dan ikrar. Untuk pembacaan ikrar kali ini ternyata ada yang berani maju tanpa teks, salut buat adik Rangga Prasetya.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan pembagian kupon undian Doorpirze. Tak kurang 80 paket Doorpirze sudah disiapkan panitia, mulai yang terkecil pensil, pulpen, penghapus, buku tulis, buku gambar, penggaris, mainan edukasi, celengan, tempat pensil, binder, paper plate, uang saku, sampai jam tangan keren.

sosialisasi mengenai penyu yang dibawakan oleh Shelvi Pratama Putri. Dengan menggunakan media puppet & gambar, mbak Shelvi mulai bercerita mengenai penyu kepada anak – anak. Terlihat anak – anak begitu antusias menyimak penjelasan mbak Shevi yang dikemas secara apik dengan story tellingnya. Di akhir cerita mbak Shelvy mengajak anak - anak untuk selalu menjaga lingkungan sekitar &  penyu agar tetap lestari. 

Setelah menyimak penjelasan yang menambah pemahaman anak – anak tentang pentingnya menjaga penyu dari kepunahan sesi yang sudah ditunggu – tunggu akhirnya datang juga. 

Sembari memegang lembar pengumuman pemenang lomba, mas Edi mulai memancing rasa penasaran anak – anak yang sudah tak sabar namanya disebut sebagai pemenang lomba. Namun sebelum diumumkan, terlebih dahulu akan diselingi pembagian Doorprize kepada seluruh santri TPA Masjid Al – Huda. “Wah senangnya Semua Dapat Hadiah” ^_^

Satu persatu nama – nama santri dipanggil untuk maju dan menukarkan kupon yang ada ditangan mereka dengan Doorprize yang sudah disiapkan. Walau ada yang cuma dapat 1 buah buku tulis rona wajah bahagia mereka begitu merekah, apalagi yang dapat jam tangan senyumnya bertambah girang saja. 
Setelah pembagian Doorprize sebagai selingan, pembagian hadiah lomba TPA pun diumumkan. Beberapa lomba yang diadakan tahun ini diantaranya : lomba istana pasir, lomba menggambar & mewarnai, dan lomba membuat prakarya dari barang bekas. 

Satu persatu juara lomba dipanggil dan diminta maju untuk menerima hadiah dari Risma. untuk penyerahan hadiah dari perwakilan Risma dan KKN UGM  secara bergantian memberikan hadiah kepada para juara. Yang belum beruntung dapat hadiah lomba tenang saja masih ada Doorprize dan kado silang. hehe

Tak terasa waktu hamper menjelang maghrib, tapi pembagian hadiah & Doorprize belum selesai. Akhirnya kami putuskan menjeda acara untuk berbuka puasa & sholat maghrib terlebih dahulu sebelum nanti dilanjut habis maghrib. 

Setelah berbuka puasa dan sholat maghrib berjamaah acara pembagian hadiah lomba dan Doorpize kami lanjutkan. Ternyata antusias anak – anak masih belum terjaga sampai malam. Saluutt..

Setelah semua hadiah lomba & Doorprize habis dibagikan, kini giliran kado yang dibawa oleh anak – anak TPA untuk ditukar dengan teman – teman disebelahnya. Untuk kado silang sesuai kesepakatan bersama kado diisi makanan & minuman senilai Rp 5.000.

Setelah masing – masing mendapatkan kadonya, mas Edi berpesan untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang kertas bungkus kado sembarangan. Tak lupa disampaikan terima kasih kepada segenap rekan – rekan Risma Masjid Al – Huda atas kerja kerasnya dan partisipasi rekan –rekan Mahasiswa KKN UGM selama sebulan mengisi kegiatan TPA. Semoga tahun depan bertemu kembali dengan bulan penuh keberkahan ini.

Nah itu tadi liputan pembagian hadiah & penutupan kegiatan TPA di masjid Al – Huda yang diadakan pada tanggal 3 juli 2016 di Masjid Al - Huda. semoga bermanfaat. Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KARANG TARUNA JANGKAR MUDA | Supported by EY Project

Design by Anders Noren