Pedukuhan XIII Sidorejo Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo

Jumat, 06 November 2015

Usaha Dagang Ala Karang Taruna

Di era globalisasi saat ini kompetisi di segala bidang telah mensyaratkan setiap insan untuk menjadi manusia unggul dan berdaya saing tinggi jika tidak ingin tertinggal dengan yang lain. namun memiliki modal kompetisi diri yang tinggi belumlah cukup jika tidak dibarengi dengan kecakapan sosial serta karakter teruji. Sebuah nilai diri dapat tak ternilai harganya jika kita memiliki pedoman hidup untuk terus mengasah kualitas diri serta memiliki sikap & kebiasaan baik yang tercermin dari interaksi positif antar sesama yang mampu menggerakan rasa kebersamaan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.  


Make Your Own Benefit With Do Business!

Sebagai startup / permulaaan bagi karang taruna kami untuk memulai sebuah kegiatan yang memberikan pengalaman berharga, karang taruna jangkar muda memulai satu langkah kedepan dengan merealiasikan salah satu program kerjanya di bidang kewirausahaan. langkah kecil yang diharapkan mampu membangkitkan jiwa kewirausahaan insan muda KTJM.



Sebagai tindak lanjut konkrit dari rencana KTJM untuk turut serta meramaikan gelaran acara motor trail bertajuk jewel of java ke 5 yang diadakan di pantai trisik pada 1 november 2015 kemarin, KTJM membawa misi pemberdayaan ekonomi kepemudaan yang tidak hanya memberikan benefit kepada Organisasi, tetapi juga memberi manfaat kepada segenap anggota KTJM. 


Usaha Mandiri Bersama Karang Taruna, demikian tagline yang kami pakai dalam usaha dagang perdana KTJM. Dengan membangun stand sederhana di lokasi strategis, menghadap spot lapangan yang digunakan sebagai pusat event. Kami menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman yang beberapa diantaranya kami buat sendiri. Seperti : arem –arem , pecel, gorengan, es teh, es jeruk, es buah, dll. Ada juga air mineral, minuman ringan, dan makanan instan yang disuplai oleh pihak ketiga. Selain itu buah semangka segar juga kami sediakan untuk dinikmati pengujung yang mampir ke stand kami. 


Dibawah management mbak Siti Alfiati, selaku ketua bidang kewirausahaan KTJM kegiatan dagang (jualan) ini kami jalankan. Beberapa hal teknis yang berkaitan dengan persiapan tempat serta akomodasi barang menjadi tugas anggota KTJM putra. Sedangkan untuk makanan & minuman proses pembuatannya diserahkan kepada anggota KTJM putri. Adapun yang melayani pembeli juga para srikandi KTJM ini, selain lebih terampil, cekatan, dan gesit. Pembeli cenderung lebih tertarik jika yang jualan cantik – cantik ini. Strategi promosi ^_^


Persiapan yang hampir satu minggu benar – benar kami laksanakan dengan kerjasama yang solid. Sampai waktu istirahat kami korbankan untuk persiapan berdagang esok harinya. Tak apalah yang penting pengalaman kali ini memberi gambaran bagi setiap anggota KTJM tentang menghasilkan uang dari keringat sendiri memang butuh perjuangan. Sekitar pukul 05.00 WIB barang – barang serta dagangan kami bawa ke stand minimalis kami. Disana sudah ramai para Crosser yang sudah sedari kemarin sudah check point. Banyak juga pengunjung domestik yang tak sabar ingin menyaksikan. Sekitar pukul 06.30 WIB Cafe d’ Jangkar Muda kami buka. Beberapa pengujung silih berganti mendatangi stand kami untuk sekedar membeli minuman atau bersantai sambil menikmati menu yang kami sajikan di meja.


Makin siang jualan kami makin laris saja. Alhamdullilah kami berucap syukur atas rejeki kami kali ini. Beberapa minuman dan makanan ada yang sampai habis terjual. Hitung – hitungan kami kali ini tak meleset dari omset yang kami harapkan. Setelah seharian berjualan, sekitar pukul 16.30 bersamaan dengan berakhirnya event Trail Jewel of Java setelah pengundian Grandprize kami sudahi usaha dagang sehari yang cukup laris ini. Sorry we are closed ^_^


Itu tadi liputan KTJM yang berusaha mandiri dengan berdagang menjajal peluang yang ada dengan memulai satu langkah berdikari. Salam Aditya karya Mahatva Yodha ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KARANG TARUNA JANGKAR MUDA | Supported by EY Project

Design by Anders Noren