Pedukuhan XIII Sidorejo Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo

Senin, 31 Agustus 2015

Pentas Seni & Perpisahan Yang Indah

Lebih tenang dan bersahabat dari malam – malam sebelumnya, hembusan angin malam ini benar - benar menjadi sebuah pertanda alam yang mewakili restu Nya. Sejuk, tenang, dengan langit cerah bertabur bintang yang menambah syahdunya suasana. Suasana malam minggu di penghujung bulan agustus kali ini benar – benar istimewa dan terasa lebih semarak dengan sebuah event yang menjadi puncak acara perhelatan akbar di dukuh kami. Sebuah persembahan dari kami generasi gemilang dukuh Sidorejo bersama teman – teman mahasiswa KKN PPM UGM yang akan menggelar pertunjukkan spektakuler dalam rangka malam puncak peringatan HUT RI ke 70 dukuh Sidorejo sekaligus Perpisahan teman – teman KKN PPM UGM. What a wonderful moment tonight!


Sedari siang sebetulnya kesibukan mempersiapkan tata panggung dan dekorasinya sudah kami lakukan. Acara yang diadakan pada tanggal 29 Agustus 2015 kemarin menjadi acara pamungkas dalam gelaran peringatan HUT kemerdekaan RI ke 70 di dukuh Sidorejo. berbagai hal teknis untuk kelancaran acara nanti malam berusaha kami rampungkan pengerjaannya. Kerjasama dengan rekan – rekan KKN PPM UGM menjadikan persiapan yang kami lakukan dapat berjalan lancar dan maksimal. Bertempat di halaman masjid Al – Huda Trisik acara malam nanti akan menjadi saksi sebuah Mahakarya bersama kami yang akan menampilkan berbagai pertunjukkan yang siap memukau & menghibur segenap warga masyarakat dukuh Sidorejo. 




Waktu mulai menunjukkan pukul 19.15, satu persatu warga masyarakat dukuh Sidorejo mulai banyak berdatangan untuk menyaksikan pentas seni & perpisahan teman – teman Mahasiswa KKN PPM UGM. Selain itu pengumuman pemenang & pembagian hadiah lomba – lomba juga akan kami sampaikan malam ini. Beberapa panitia terlihat melakukan check sound dan mempersipakan para performer yang nantinya akan mementaskan sebuah pertunjukkan apik yang spektakuler. Tepat pukul 19.30 acara dibuka dengan salam hangat oleh dua orang Host (Pembawa Acara) yang kali ini dibawakan oleh duet macan (macho & cantik, < Lebay nih singkatanyya -_- > ) antara KTJM dan Mahasiswa KKN PPM UGM yaitu mas Edi dan mbak Cinta. Dibawakan dengan gaya ala urban style khas anak muda, atmosphere acara ini terasa lebih cair, interaktif, dan menghibur. Awsome  ^_^



Sebuah catatan rundown menjadi guidebook kedua host beda kampus ini. Saking banyaknya rentetan acara malam ini makanya perlu dibuat daftarnya biar gak kelupaan. Ach so 


Step pertama acara ini dibuka dengan beberapa sambutan, diantaranya sambutan dari Bapak Joko Samudro selaku Dukuh XIII Sidorejo. dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja anak – anak muda dukuh Sidorejo dan Mahasiwa KKN PPM UGM serta segenap masyarakat sidorejo yang telah mensukseskan gelaran acara peringatan HUT kemerdekaan RI dari awal sampai akhir. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Mahasiwa KKN PPM UGM yang telah memberikan sumbangsih nyatanya dalam 2 bulan berbaur menjadi masyarakat dukuh Sidorejo dalam misinya melaksanakan berbagai kegiatan KKN PPM. Semoga bisa menjadi pengalaman berharga. Excellent trigger!


Selanjutnya kata sambutan dari KTJM dibacakan oleh mas Joni Kristiawan. Dalam sambutannya mas Joni memberikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah berkontribusi demi kelancaran acara kegiatan peringatan HUT RI ke 70 dukuh XIII Sidorejo. Selain itu masukan – masukan dari masyarakat untuk evaluasi kami agar kegiatan selanjutnya lebih baik Lagi sangat disambut oleh KTJM. 


Sambutan terakhir sekaligus kata perpisahan dari perwakilan Mahasiwa KKN PPM UGM disampaikan oleh mas evan selaku ketua KKN PPM UGM dukuh Sidorejo. dalam sambutannya mas Evan menyampaikan kesan – kesan selama melaksanakan kegiatan KKN PPM  di dukuh Sidorejo. pengalaman yang didapat selama berkegiatan di dukuh Sidorejo akan senantiasa membekas dan menjadi bekal berharga bagi dirinya dan rekan - rekan saat nanti kembali ke daerah masing - masing. Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan atas penerimaan yang baik masyarakat dukuh Sidorejo & kerjasama yang terjalin baik antara rekan – rekan KKN UGM dengan angkatan muda dukuh Sidorejo dalam hal ini KTJM. Sebagai penutup mas Evan mewakili rekan rekan KKN PPM UGM menyampaikan salam perpisahan & jika ada salah & hal – hal yang kurang berkenan dari teman – teman KKN PPM UGM untuk dibukakan maaf yang sebesar – sebesarnya. 


Sambutan – sambutan tadi berbalas applause yang meriah dari segenap masyarakat yang menyaksikan. The Job done well...


Sebagai hiburan perdana dari acara pentas seni kali ini ditampilkan 2 performer sekaligus dari adik – adik SD N Trisik, yaitu tarian caping dan sebuah hymne kebangsaan yang dinyanyikan oleh paduan suara anak Sidorejo, persembahan apik ini dilatihkan teman – teman KKN PPM UGM selama kurang lebih 2 minggu kepada anak – anak SD dukuh Sidorejo. Para penonton pun memberikan tepuk tangan yang sangat meriah atas penampillan menawan para tunas bangsa kebanggaan dari dukuh Sidorejo ini. 

Disela – sela acara hiburan, juga dibagikan sejumlah hadiah kepada para juara lomba – lomba peringatan HUT RI ke 70 dukuh Sidorejo. dari mulai lomba kategori anak – anak, lomba remaja / pemuda, dan lomba orang tua. secara bergantian para Ibu & Bapak, serta rekan – rekan KTJM & Mahasiswa KKN PPM UGM didaulat untuk memberikan hadiah kepada para pemenang. Selain itu juga diberikan hadiah untuk para tim voli yang telah menjadi jawara dalam turnamen voli enthok cup 2015 karang taruna jangkar muda. Selamat kepada para pemenang ^_^





Acara yang masih dipandu dua MC multitalented, menghandle jalannya acara dengan mengajak para penonton untuk memberikan applause kepada para pemenang sekaligus memberikan tanda bahwa penampil selanjutnya adalah masih, adik – adik dari SD N Trisik yang akan menampilkan tarian tradisional khas papua, SAJOJO. Gerak ritmik yang dinamis mendapat sambutan apresiatif dari penonton dengan tepuk tangan yang meriah. 



Nah jika tadi yang tampil adik – adik kami yang berbakat nyanyi & ngedance, gini giliran para punggawa KTJM bersama rekan – rekan KKN PPM UGM untuk unjuk kebolehan diatas panggung. Untuk performer kali ini menampilkan duet romantis antara mas Bayu KKN dengan mbak Sinta. Sebuah lagu dari Dewa 19 berjudul kangen, menjadikan romansa penghibur kami menikmati hiburan kolaborasi dari KTJM dan KKN UGM. Saluuutt..


Lanjut penampil selanjutnya dibawakan secara akustik oleh Mas Dian K, yang membawakan lagu dari last child band. Lagu yang dibawakan cukup membawa nuansa melankolis ala anak muda. Duet dangdut juga dibawakan secara heboh oleh mas Dian, mbak Dini KKN, dan mas Bagas membawakan salah satu lagu dangdut yang sedang Hitz. Silih berganti para personil KTJM & rekan –rekan KKN PPM UGM lain juga ikut meramaikan pentas musik kali ini. Ada yang membawakan lagu dari SID, ST12, dan lagu – lagu Band populer lainnya. Let’s play soulful music.


Tak terasa waktu mulai beranjak daRI pukul 23.00 . beberapa pertunjukkan utama juga telah tuntas kami tampilkan. Kini tiba saatnya kami menutup acara karena malam sudah semakin larut. Beberapa kata penutup disampaikan oleh kedua MC sebelum pentas kami akhiri. Dan semoga acara kali ini semakin meneguhkan eksistensi KTJM yang menandai era kebangkitan generasi muda dukuh Sidorejo. Salam Aditya karya Mahatva Yodha .. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KARANG TARUNA JANGKAR MUDA | Supported by EY Project

Design by Anders Noren