Pedukuhan XIII Sidorejo Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo

Selasa, 12 April 2016

Rapat Rutin & Arisan : 13



Buang segala keraguan yang menghambat, hilangkan  praduga yang salah, tinggalkan prasangka jahat, mulailah tutup mata & telinga, buka hatimu dan lakukan saja... #kebaikan tidak pernah kalah


Malam minggu masih saja menyisakan beban yang semakin berat di kepala kami. Macam – macam problematika hidup seolah – olah makin membuat susah hati kami. Entah harus seperti ini atau bagaimana lagi kami mengatasinya. Seolah tak ada lagi harapan yang tersisa. Mungkin kebuntuan kami kali ini harus ditemukan jawabannya.


Setelah sukses melaksanakan program tanam cemara pada akhir maret kemarin, tak berarti tugas kami sebagai pemuda  pengemban amanah untuk menjaga alam & lingkungan sekitar, kami berkomitmen untuk terus bergerak kedepan mengatasi segala tantangan & rintangan demi suksesnya program kami selanjutnya.


Pada tanggal 9 april kemarin seperti biasa rapat rutin & arisan kami gelar di salah satu rumah anggota KTJM yang beruntung mendapatkan arisan pada 2 minggu sebelumnya. Kali ini yang beruntung mendapatkan arisan untuk kedua kalinya adalah mbak Siti Alfiati. Untuk anggota KTJM memang diperbolehkan ikut lebih dari 1 saham untuk arisan KTJM. Daripada dibuat jajan, uangnya lebih bermanfaat jika kita berdayakan untuk arisan. 


Seperti biasa rapat rutin & arisan baru kami mulai sekitar pukul 20.30 WIB. Tuan rumah disetiap agenda per 2 minggu  KTJM wajib  bertugas sebagai pembawa acaranya. Setelah dibuka oleh sang pembawa acara acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang kali ini diisi oleh sang ketua KTJM, mas Joni Kristiawan. Dalam sambutannya mas Joni menyampaikan beberapa pencapaian dari program penghijauan karang taruna yang sepertinya berjalan cukup baik, namun masih ada beberapa evaluasi yang diperlukan untuk perbaikan kegiatan selanjutnya. Selain itu ada hal yang pokok tapi masih belum kami gerakkan, yaitu ‘motor penggerak’ kegiatan kami, sehingga pada rapat kali ini harus menemukan solusnya agar kegiatan kami tetap berjalan lancar.


Setelah sambutan dari ketua KTJM, acara kemudian dilanjutkan rapat rutin yang kali ini masih dimoderatori oleh mas Edi Yulianto, untuk mengawali pembahasan pada malam hari ini, mas Edi menfokuskan mengenai pemecahan masalah yang harus segera kami temukan solusinya. Yang masih menjadi ganjalan kami dalam pelaksanaan kegiatan kami kali ini adalah anggaran untuk operasional kegiatan yang belum menemukan sumbernya. Selama ini beberapa dari pengurus dan anggota KTJM dengan swadana menggalang dana pribadi untuk operasional kegiatan kami.  Walaupun jumlahnya tak seberapa, dengan tambahan kas KTJM untuk sementara masih dapat menalangi operasional kegiatan kami. 


Ternyata sang Moderator menyimpan jurus andalannya kala kami tak menemukan solusi jitu lagi. Karena permohonan bantuan yang sudah kami ajukan ke salah satu instansi pemerintah tak kunjung bersambut kabar baik, maka solusi lainnya yaitu mencari sumber bantuan selain dari pemerintah. Salah satu yang menjadi alternatifnya yaitu mengajukan bantuan ke pemilik tambak udang yang  berada di dukuh kami. Pertimbangan kami selain tambak udang lokasinya berdekatan dengan kawasan laguna, dampak lingkungannya juga perlu jadi perhatian bersama. Selain menghasilkan untung yang besar dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat ditempat kami, permasalahan limbah dari kegiatan tambak juga harus dicarikan solusinya. Salah satu solusi yang kami tawarkan untuk mengatasi dampak limbah ini adalah melalui program penghijauan dikawasan laguna. Sebuah win win solution yang diharapkan mampu menjadi jembatan antara kepentingan ekonomi masyarakat di dukuh kami dengan terjaganya lingkungan alam disekitarnya. Setelah mendiskusikan secara seksama, akhirnya kami putuskan untuk sumber dana dari kegiatan kami ini salah satunya akan kami mohonkan kepada para petambak udang di kawasan dukuh Sidorejo.  Solusi yang semoga bisa segera bersambut baik. 


Sambil menikmati hidangan yang disajikan oleh tuan rumah, menigingat waktu semakin larut, arisan pun kami segerakan. Tanpa dikomado lagi para pengurus arisan memulai tugasnya dengan segera.  Setelah semua uang arisan terkumpul, giliran sag tuan rumah untuk mengundi pemenang arisannya. Dan yang beruntung kali ini adalah mbak rendri Sinta, Selamat.. Itu tadi sekilas info kegiatan rapat rutin + arisan KTJM pada hari sabtu 9 April 2016 kemarin, semoga bermanfaat. Salam Aditya karya Mahatva Yodha.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KARANG TARUNA JANGKAR MUDA | Supported by EY Project

Design by Anders Noren