Pedukuhan XIII Sidorejo Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo

Rabu, 06 April 2016

Tuntaskan Misi tanam Cemara!



Melanjutkan misi, melaksanakan kewajiban, menyelesaikan apa yang kau mulai.., itu baru Pemuda


Melanjutkan misi penanaman cemara dikawasan pesisir Trisik yang pada hari sabtu kemarin sudah kami rintis bersama pegiat lingkungan dari UGM dan KMP. Menjadi tanggung jawab kami, tunas muda dukuh Sidorejo untuk menyelesaikan gerakan menjaga & menghijaukan zona hijau pesisir Trisik. dari 3 area yang akan dikonservasi, baru  satu tempat yang sudah tuntas ditanam cemara. Sisanya biar KTJM  yang tangani ^_^ .


Area yang menjadi lokasi penanaman cemara adalah daerah kompa / barat muara progo, selatan laguna /  cemara sewu, dan sebelah timur TPI (Tempat Pelelang Ikan). Jika kemarin penanaman di daerah kompa / barat muara progo sudah selesai ditanami 1000 bibit cemara, tinggal dua tempat lagi yang akan kami jadikan kawasan hijau. 


Sesuai kesepakatan pada rapat rutin & arisan KTJM semalam, agenda lanjutan tanam cemara kami mulai pada hari minggu pukul 15.30  WIB. Karena diadakan pada hari minggu, cukup banyak anggota KTJM yang ikut serta dalam kegiatan penanaman kali ini dibandingkan hari sebelumnya. Sambil memakai kaos KTJM, kami semakin bersemangat dan tak sabar untuk menanam lagi. 


Lokasi kedua yang akan mulai ditanami cemara adalah dikawasan timur Tempat Pelelangan Ikan Pantai Trisik. sebelum penanaman dimulai sang pembina KTJM memberikan pengarahan / TM (teknikal Meeting) terlebih dahulu kepada anggota KTJM yang akan mengikuti penanaman cemara. seperti bibit cemara yang penanamannya harus diurutkan sesuai nomornya, jarak antar tanaman disesuaikan dengan dengan anjir / cagak yang sudah dipasang, setelah itu tanaman harus diikatkan pada anjir dan tanah disekitar cemara harus dipadatkan, untuk kedalaman lubang sekitar 20 cm – 25 cm. 


Setelah instruksi dari sang pembina KTJM, dengan bahu membahu para taruna muda dukuh Sidorejo ini mulai melaksanakan tugasnya. Ada yang membawa kresek berisi bibit untuk kemudian diecerkan, yang putra menggali lubang dengan cangkul, yang lain bersama – sama menanam dan memastikan semua bibit cemara tertanam dengan baik. 


Tiba – tiba gerimis disertai hujan mengguyur kami yang sedang asik menanam cemara, padahal yang belum tertanam masih banyak. Karena cuaca kurang bersahabat, kami putuskan untuk melanjutkan penanaman keesokan harinya. 

Mungkin karena sebagian besar dari kami masih sekolah dan kuliah,  personil yang ikut penanaman cemara  hari berikutnya makin berkurang saja. Agenda penanaman yang ditargetkan selesai 2 – 3 hari molor menjadi 9 hari. Dimulai pada tanggal 26 maret dan baru selesai tanggal 3 april 2016 kemarin. Namun tanpa lelah, sisa – sisa semangat diantara kami masih punya komitmen untuk merampungkan misi mulia ini. Ditambah bantuan dari anak – anak yang penasaran dengan kegiatan yang kami lakukan kemudian mereka dengan sukarela ikut membantu juga. Ini dia generasi tunas bangsa kebanggan Indonesia.


Selain personil yang makin menyusut, hal lain yang menjadi tantangan bagi kami adalah medan / lokasi penanaman yang cukup ekstrim. Seperti rumput duri yang tumbuh cukup lebat sempat menyulitkan kami dalam membuat lubang tanam &  melakukan penanaman. Selain itu beberapa area terdapat genangan lumpur yang berada di  saluran pembuangan limbah tambak udang yang kebetulan berada di area yang kami tanami. Kesulitan & tantangan tersebut tak lantas menyurutkan langkah kami untuk terus menanam. Karena menanam adalah sebuah gerakan memberi solusi tanpa melulu mengkritisi dampak kerusakan alam di dukuh Sidorejo yang disebabkan oleh berbagai kondisi dan situasi.

Sembari menikmati suguhan sederhana & alakadarnya, namun tetap kami syukuri sebagai bagian dari karunia Allah Yang Maha Pemberi, kami nikmati setiap sore yang indah sembari melihat ke arah matahari yang memancarkan sinar jingganya yang menenterankan, melihat hasil jerih payah kami menghijaukan sekitar. Sebuah kepuasan yang tak perlu berbalas pamrih, karena jika semua diniatkan untuk ikhlas kita tak pernah tahu seberapa baik Yang Maha Kuasa membalas hal baik yang kita lakukan. 


Itu tadi liputan kegiatan KTJM berkaitan dengan program penghijauan pada tanggal 26 maret - 3 April 2016 kemarin, semoga bermanfaat. Salam Aditya karya Mahatva Yodha

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © KARANG TARUNA JANGKAR MUDA | Supported by EY Project

Design by Anders Noren